Sejarah Berdirinya Pon. Pes. Darul Dakwah
Sejarah Berdiri Pondok Pesantren Darul Dakwah didirikan oleh almaghfurlah KH. IBNU AMIRUDDIN ISMA'IL, pada tahun 1999 M. Tujuan beliau membentuk pesantren ini adalah agar mampu mencetak generasi-generasi penerus yang takut kepada allah dan bisa memperjuangkan agama islam dengan cara berdakwah. Oleh sebab itu Beliau memberi nama pesantren ini dengan nama Darul Dakwah yang artinya rumah dakwah.
KH. IBNU AMIRUDDIN adalah putra dari KH. Isma'il ibrahim (pendiri pondok pesantren darul hikmah) dan merupakan murid dari KH. SYAMSUD DUHA (Trawas). Pondok Pesantren Darul Dakwah Beralamat di desa kedungmaling sooko mojokerto.
Latar Belakang SMK Pesantren Darul Dakwah
SMK Pesantren Darul Dakwah merupakan sekolah yang berbasis pesantren sehingga memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis dan ergonomis. Lokasi sekolah berada di lingkungan yang tenang serta berada ditengah perkampungan warga. Lokasi SMK Pesantren Darul Dakwah berada di Jl. Kamas Setyoadi Gang II No. 27 Kelurahan Kedungmaling Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Kondisi yang seperti ini memberikan nuansa yang sangat khas bagi keberadaan SMK Pesantren Darul Dakwah.
SMK Pesantren Darul Dakwah merupakan sebuah pendidikan yang berbasis pesantren yaitu sebuah pendidikan yang mengedepankan pendidikan agama kepada peserta didik selain pendidikan formal pada ummnya. Hal ini bertujuan untuk mejadikan peserta didik menjadi siswa yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan dan IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa.
Prinsip pengembangan Kurikulum SMK Pesantren Darul Dakwah berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan pada masa kini dan yang akan datang. Memiliki posisi sentral berarti bahwa kegiatan pembelajaran harus berpusat pada peserta didik.
Pengembangan Kurikulum SMK Pesantren Darul Dakwah dalam merealisasikan tujuan pelaksanaan kurikulum sesungguhnya merupakan bagian dari strategi penjaminan pencapaian tujuan visi dan misi SMK Pesantren Darul Dakwah dan pendidikan nasional yang mengacu pada Standar Pendidikan Nasional. Penyusunan dokumen KTSP bertujuan menyediakan panduan yang berfungsi mengarahkan pemangku kewenangan pelaksanaan kurikulum dengan melengkapi dokumen, dan rasional pengembangan Kurikulum SMK Pesantren Darul Dakwah yang fokus kepada pemenuhan kebutuhan siswa mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21, merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah untuk mengembangkan keunggulan, mengelola program peminatan, menata struktur kurikulum, dan menyusuan pedoman penyelenggaraan pembelajaran yang meliputi pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrkurikuler, pedoman akademik, dan instrumen evaluasi penyelenggaraan kurikulum.
Pemenuhan kebutuhan siswa mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21 dan kesiapan SMK Pesantren Darul Dakwah dalam menghadapi tantangan tersebut, maka pembelajaran di SMK Pesantren Darul Dakwah tidak hanya mengembangakan pengetahuan, tapi harus menyeimbangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap dikembangkan terintegrasi dalam aktivitas belajar. Pengetahuan yang harus dikuasa siswa SMK Pesantren Darul Dakwah meliputi fakta, konsep, prosedur, dan metakognitif sehingga siswa dapat mengembangkan kreativitas dan inovasinya. Keterampilan meliputi berkomunikasi dan berkolaborasi, keterampilan mendayagunakan informasi dan teknologi komunikasi, serta media. Karena itu penilaian selain tes, juga termasuk portofolio yang menekankan pada pemanfaatan umpan balik berdasarkan kinerja belajar peserta didik.
Untuk mendukung keterpenuhan proses pembelajaran, pengembangan kurikulum dan penyusunan dokumen kurikulum, maka SMK Pesantren Darul Dakwah membentuk Tim Pengembang Kurikulum SMK Pesantren Darul Dakwah dengan penerbitan surat keputusan Tim Pengembang Kurikulum dalam bentuk keputusan sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar